Balap Mobil Event Sircuit Sentul
AMM / RFT Time Attack di Sircuit Sentul
RFT-AMM Time Attack di Sircuit Sentul, yang diprakarsai oleh Moreno Soeprapto, Rifat Sungkar dan Rizal Sungkar yang telah berlangsung sejak 2010, akan diikuti oleh kendaraan berbagai jenis dan spesifikasi kendaraan. Acara Time Attack Seri-2 2011 ini, akan berlangsung pada hari Sabtu dan Minggu, 30 April hingga 1 Mei 2011 di Sentuk International Circuit.
Acara yang diprakarsai oleh tokoh yang telah berkecimpung di dunia Autosport Indonesia ini, dibuat terbuka untuk umum. Berbagai jenis kendaraan telah mengikuti acara ini mulai dari Toyota Starlet Standard, hingga EVO Turbo, John Cooper Morris dan juga Nissan Turbo Spesifikasi Drifting.
Ajang Time Attacj ini menjadi pembelajaran para penggemar kendaraan dengan kecepatan tinggi di jalan, untuk berlating menghadapi tintangan yang disusun di lintasan dengan tujuan untuk meningkatkan SKILL para penggemudi.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Motor Sporty Bajaj Pulsar-Honda Tiger-Yamaha Scorpio
Mana Yang Lebih Tangguh
Dilihat dari desainnya Honda Tiger dan Yamaha Scorpio tampak lebih gagah. Sebgai motor penjelajah, motor Tiger dan Scorpio terlihat lebih greng dengan bodi yang tegas. Sedangkan Bajaj Pulsar 200 mendisain dirinya sebgai motor touring yang sporty.
Penambahan fairing yang cuma setengah ini diharapkan membuat tampilannya makin sporty. Tapi kok jadi terlihat maksa ya, bagian samping fairingnya membulat, tapi desain buntutnya tetap kaku dengan sudut tajam.
Bagaimana dengan warnanya. Bajaj Pulsar 220 ini warnanya sederhana. Hanya warna polos dengan logo berwarna perak. Jadi Bajaj Pulsar 220 terlihat seperti elegan. Sedangkan Tiger dan Scorpio Z percaya diri dengan motif rame.
Teknologi dan Mesin
Ngomongin fiturnya Bajaj Pulsar 220 ini, ada juga loh keunggulan dari motor Bajaj ini. Paling terlihat ada di panel digital yang digunakannya. Di speedometer dan kelengkapan lainnya seperti indikator BBM dan odometer ditampilkan secara digital. Sedangkan Tiger dan Scorpio masih setia dengan panel analog.
Nah, kunci setangnya. Ada apa dengan kunci setangnya. Lihat deh dengan Tiger yang baru. Hanya Tiger saja yang memakai pengaman dengan magnet. Sedangkan Pulsar 220 dan Scorpio masih pakai kunci konvensional.
Lanjut ke mesin. Ketiganya mempunyai kapasitas mesin 200cc ke atas, data dari masing-masing ATPM menyebutkan Pulsar 220 paling bertenaga.
Pulsar 220 menawarkan teknologi dua busi DTSi (Digital Twin Spark Ignition) pada mesin 220cc satu silinder SOHC dua klepnya. Mesin sudah dilengkapi oil cooler ini diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 21 Ps dan torsi 19 Nm.
Sedangkan Scorpio hadir dengan mesin yang terkenal bandel. Mesin 223cc nya diklaim punya power 18,2 Ps dengan torsi 17.5 Nm. Sedang yang paling kecil powernya adalah Honda Tiger. Mesin dengan kapasitas bersih 196,9 cc yang sudah 18 tahun mengaspal di Indonesia ini hanya menghasilkan 16,7 Ps.
Hanya Scorpio Z yang menawarkan suspensi belakang tunggul. Sedang Tiger dan Pulsar 220 masih menggunakan sokbraker belakang ganda tapi sudah dilengkapi tabung oli. Sedang suspensi depannya, semua mengandalkan tipe teleskopik, tapi punya Pulsar 220 paling besar bila dibandingkan dengan kedua kompetitornya.
Bagaimana dengan roda. tiger dengan Scorpio menggunakan roda 18 inci. Hanya Pulsar 220 yang memakai roda 17 inci. Meskipun lebih kecil, tapi ukuran ban yang digunakan jadi bisa lebih lebar dan tebal. Pulsar 220 pakai ukuran ban 90/90 di depan dan 120/80 di belakang. Sedang Tiger dan Scorpio hanya pakai ukuran 100/90 di roda belakang.
Tapi Scorpio Z punya kekalahan telak dibanding Honda Tiger dan Bajaj Pulsar 220. Motor sport Yamaha ini belum dilengkapi rem cakram di roda belakangnya.